Bung Karno Ingin Kembangkan Islam Yang Berkemajuan

Ketua Umum Muhammadiyah Prof. Dr. M. Din Syamsudin, MA Mengisi Pengajian Ramadhan PDM Kota Yogyakarta

Ketua Umum Muhammadiyah Prof. Dr. M. Din Syamsudin, MA Mengisi Pengajian Ramadhan PDM Kota Yogyakarta

Oleh : Dani Kurniawan

            Presiden Soekarno dalam bukunya berjudul Di Bawah Bendera Revolusi tahun 1924 menuliskan Islam yang akan dikembangkan di Indonesia merdeka nanti adalah lslam yang berkemajuan. Demikian di sampaikan oleh Prof. Dr.M. Din Syamsudin, MA Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam Pengajian Ramadhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta pada senin (6/7) di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Lebih lanjut ketua muhammadiyah yang akrab di sapa Bang Din juga mengungkapkan “ pemikiran Bung Karno tersebut s­elaras dengan pikiran KH. Ahmad Dahlan pendiri muhammadiyah, dimana Kiai Dahlan sudah mengembangkan Islam berkemajuan sejak tahun 1912,” tandasnya.

Kemudian apa yang dimaksud dengan lslam berkemajuan? Bang Din mengatakan islam berkemajuan adalah tatanan agama islam yang sesuai zamannya. Islam yang selalu menghadirkan kebermanfaatan  di segala zamannya (sesuai ruang dan waktu). Islam yang universal (lintas ruang dan waktu) yang mampu merahmati seluruh alam.

Adapun judul yang diangkat dalam Pengajian Ramadhan PDM Kota Yogyakarta kali ini adalah “ Strategi Kaderisasi Dan Dinamika Gerakan Muhammadiyah Kota Yogyakarta Menuju Islam Yang Berkemajuan” Selain itu dalam pengajian ramadhan kali ini Ketua Umum Muhammadiyah  mengajak  kepada pengelola Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di bidang pendidikan yaitu sekolah dan universitas bisa dijadikan sebagai sarana dakwah dan pengkaderan bagi muhammadiyah.

Sedangkan bagi penggerak persyarikatan beliau berpesan untuk berperan aktif menghidupkan pengajian-pengajian muhammadiyah baik di tingkat ranting maupun cabang.“ Muhammadiyah itu bisa hidup dan terus berkembang, apabila pengajian terus dihidupkan” tuturnya.

Related Post