Ceramah di Muktamar PM, Soal Regenerasi Dahlan Rais Ajak Belajar dari Nabi Zakariya

75 views

Dahlan_Rais_di_Muktamar

Yogyakarta (pmdiy.or.id) – Ketua PP Muhammadiyah, Dahlan Rais, M.Hum., memberikan ceramah dalam Muktamar Pemuda Muhammadiyah (PM) yang digelar di sela sidang tanwir IV Pra Muktamar, Ahad (25/11). Di hadapan para peserta muktamar Dahlan berpesan kepada para kader Pemuda Muhammadiyah sebagaimana pesan seorang ayah kepada anak-anaknya. Menurutnya, sebagai orang tua lazimnya ingin agar anak-anaknya menjadi pribadi yang shalih, pintar dan berguna bagi bangsa dan negara.

“Lazimnya orang tua berharap agar anak-anaknya menjadi shalih, pintar dan berguna bagi bangsa dan negara. Kader Pemuda Muhammadiyah memiliki semboyan baku, sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna persyarikatan Muhammadiyah,” ungkap Dahlan.

Tetapi ia menggarisbawahi Pemuda Muhammadiyah tidak hanya melanjutkan dalam hal pengelolaan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) tetapi lebih dari itu juga melanjutkan cita-cita, faham, keyakinan hidup serta kebijakan Muhammadiyah.

Dahlan Rais pun mengakui saat ini tantangan berat yang dihadapi Pemuda Muhammadiyah dan ortom lainnya ialah terkait proses regenerasi. “Kita bisa belajar dari kesungguhan Nabi Zakariya as. untuk memohon keturunan sebagai penerus perjuangan prosesnya tidak mudah,” jelas Dahlan.

Meski sudah tua, dengan penglihatan mulai rabun dan rambut beruban, tetapi Nabi Zakariya as. tidak berputus asa memohon keturunan. Sampai akhirnya Allah Subhanahu wa ta’ala mengabulkan doanya. “Anak bukan hanya penerus biologis melainkan juga sebagai penerus idiologis,” lanjut Dahlan. [esp]

Author: 
author
Lelaki Dusun, yang suka membaca dan menulis.

Related Post