Drs H Akhid Widi Rahmanto Ketua Baru PDM Kota YK

Ketua Baru PDM Kota Yogyakarta

Ketua Baru PDM Kota Yogyakarta

‘Innalillahi wa inaillaihi rajiun’, Satu kalimat yang langsung terlontar dari bibir Drs H Akhid Widi Rahmanto ketika namanya berada di urutan paling atas perolehan suara dalam pemilihan pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta periode 2015-2020 di ajang Musyawarah Daerah (Musyda) PDM Kota Yogyakarta di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Minggu (14/2).

Meski tidak otomatis menjadi Ketua PDM Kota Yogyakarta karena harus bermusyawarah dengan 13 kandidat terpilih lain, tapi akhirnya Akhid yang mengantongi 278 suara secara mufakat didaulat memimpin PDM Kota Yogyakarta untuk kurun lima tahun mendatang. Ia menggantikan Aris Madani SPdI yang dalam pemilihan menduduki peringkat kedua dengan 275 suara.

“Meski berat, tapi amanah ini akan saya laksanakan sebaik-baiknya. Tentu saya tidak bisa sendiri. Bantuan semua pihak sangat saya butuhkan untuk menjalankan amanah ke depan,” tuturnya.

Ia juga akan menjalankan segala rekomendasi yang dihasilkan dalam Musyda kali ini. Termasuk bersinergi dengan semua pihak sebagai upaya membangun Kota Yogyakarta menuju kesejahteraan masyarakat. Sedang sebelumnya, Akhid yang dalam kesempatan ini menjabat Ketua Panitia Pemilihan Pengurus menuturkan, pada proses awal pencalonan ada 164 nama yang diusulkan dalam Musyawarah Pimpinan (Musypim). Setelah dilakukan seleksi dan dari hasil kesanggupan, mengerucut pada 90 nama yang pada tahap akhir pemberkasan muncul 78 nama sesuai ketentuan.

“Dari 78 nama tersebut dipilih 13 kandidat oleh 330 pemegang halk suara dari PDM, PCM, PRM serta pimpinan ortom daerah yang akan menempati pengurus harian PDM Kota Yogyakarta kurun lima tahun mendatang,” ucap Akhid.

Dalam proses penghitungan suara yang dilakukan di ruang terpisah melalui sistem E-Counting, saling susul perolehan suara yang cukup ketat terjadi di urutan tiga besar. Warna hijau untuk Aris Madani SPdI, biru menandakan perolehan suara Drs H Akhid Widi Rahmanto serta coklat untuk H Moch Muzadi SSos hanya terpaut tipis sejak awal hingga selesai penghitungan.

Ketika satu calon menyusul kandidat lain yang digambarkan dalam diagram batang, keriuhan selalu terjadi. Celetukan guyonan juga menghambur di sela penghitungan suara. Pada hasil akhir penghitungan, Akhid unggul tipis disusul Aris Madani Moch Muzadi. Setelah 13 calon pimpinan terpilih, mereka bermusyawarah yang pada akhirnya sepakat menunjuk Akhid Widi Rahmanto menjadi Ketua PDM Kota Yogyakarta periode 2015-2020. (http://krjogja.com/M-5)

Related Post