Keutamaan Hari Jumat

jumat

 

Oleh : Dani Kurniawan

Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat islam dibanding dengan hari lain. Karena jumat adalah hari yang dipilihkan oleh Allah SWT untuk umat muslim, hal ini merujuk pada hadist berikut ini :

Dari Abu Hurairah dan Hudzaifah -radhiallahu ‘anhuma- mereka berkata, “Allah telah merahasiakan hari Jum’at terhadap umat sebelum kita, maka orang-orang Yahudi memiliki hari sabtu, orang-orang Nashrani hari ahad, kemudian Allah mendatangkan umat Islam, maka Dia menunjukkan kita hari Jum’at ini, kemudian Allah menjadikan urutannya menjadi jum’at, sabtu ahad, demikian pula mereka akan mengikuti kita pada hari kiamat, kita adalah umat terakhir di dunia ini namun yang pertama di hari kiamat, yang akan diputuskan perkaranya sebelum makhluk yang lain.” (HR. Muslim).

Selain itu keistimewaan hari jumat lainnya adalah akan diampuni segala dosa-dosa kita karena mungkin telah melakukan kesalahan atau kemaksiatan. Diampuni dosa-dosanya apabila dalam hari tersebut sunguh-sungguh dalam melakukan sholat jumat. Hal ini telah digariskan dalam hadist di bawah ini :

“Barangsiapa yang berwudhu lantas dia menyempurnakan wudhunya, kemudian dia mendatangi shalat jumat, kemudian dia mendengarkan (khutbah) dan tidak berbicara, maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu sampai hari jumat depannya, ditambah tiga hari. Dan barangsiapa yang memegang-megang batu kerikil (maksudnya membersihkan debu sekalipun), maka dia telah berbuat lahan (kesia-siaan = waktu tidak dipergunakan mendengarkan khutbah).” (HR. Muslim)

Kemudian keistimewaan selanjutnya adalah pada hari jumat akan dikabulkan doa-doa yang dipanjatkan. Hal itu sesuai hadist berikut ini :

“Hari jum’at itu 12 jam, setiap muslim bila memohon kepada Allah sesuatu pada hari Jumat maka hamba itu akan dikabulkan permohonannya oleh Allah, untuk itu carilah hari Jumat pada akhir waktu ashar” (HR. An-Nasa’i:)

Itulah beberapa keutamaan hari jumat bagi kaum muslimin. Oleh sebab itu kita sebagai muslim harus selalu merasa bergembira dengan menyambut datangnya hari jumat, jangan justru bermalas-malasan. Perbanyaklah beribadah dan beramal salih pada hari tersebut agar kita menjadi orang-orang yang beruntung.

Related Post