KOKAM Se-Sleman Barat Adakan Diklatsar, Muhammadiyah ‘Wajib Militer’

Seyegan – Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) KOKAM Sleman Barat menapaki puncak acara. Bertempat di Lapangan Mranggen Seyegan, kegiatan tersebut berlangsung 29 Juli-30 Juli 2017. Materi kali ini berupa Diklat lapangan. Sebagai kelanjutan dari dua kali pertemuan materi kelas yang sudah terlaksana pada 15 dan 22 Juli 2017 lalu. Target Diklatsar KOKAM Sleman Barat periode ini bukan melulu tentang fisik dan mental, tapi lebih ke penguasaan skill di lapangan menurut pemaparan Kang Eksan.

Sabtu, 29 Juli 2017, selepas maghrib para peserta Diklat mulai berdatangan untuk melakukan registrasi. Sekitar 36 peserta hadir, mereka terbagi menjadi 6 kelompok. Sekitar pukul 20.00 WIB, kegiatan dimulai diawali upacara pembukaan/apel. Banyak informasi disampaikan dalam upacara tersebut. Satu hal yang cukup membangkitkan semangat korsa kokam, adalah orasi dari Pak NK selaku Komandan Kokam Sleman. “Apa dan kenapa kita di sini adalah imbas perbuatan kita dimasa lalu. Begitu juga apa dan kenapa kita disini akan berimbas pada kita dimasa mendatang.”

Setelah apel selesai, dilanjutkan dengan makan malam bersama. Semua peserta dan pemandu kegiatan duduk bersama beralaskan rumput Lapangan Mranggen yang mulai basah oleh embun. Suasana yang sangat jarang sekali dilakukan Kesatuan Kokam jika tak ada acara Diklatsar semacam ini. Padahal sangat syahdu dan luar biasa sekali. Kokam dari lima cabang berbeda (Minggir, Moyudan, Godean, Seyegan, Gamping) duduk bersama saling mengakrab.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendirian bivak untuk meletakkan sebagian perlengkapan dan tempat tidur. Challengenya, kelompok yang selesai pertama membuat bivak akan mendapat urutan jalan duluan. Menempuh jarak kurang lebih 8 km, terdapat 4 pos yang harus diselesaikan tugas dan misinya.

Tugas pos pertama adalah membuat tandu darurat. Dilanjutkan di pos kedua melantangkan ikrar Kokam dan tadarus Al Qur’an. Tantangan baru ada di pos ketiga. Latihan evakuasi korban diteruskan menandu korban sampai pos keempat. Kegiatan berlangsung sampai pukul dua seperempat pagi. Waktu merebah sampai pukul setengah empat. Sholat lail dilanjut sholat subuh berjamaah.

Ahad, 30 Juli 2017 diawali dengan lari pagi. Pemanasan fisik dengan senam pelemasan sendi sebelum diberi waktu untuk mandi. Sarapan sudah disediakan oleh panitia lengkap dengan teh hangat. Hari ini masih ada tiga materi. Pelatihan Baris Berbaris (PBB), pengaturan lalu lintas, dan seni bela diri.

Overall, kegiatan Diklatsar Kokam Sleman Barat kali ini Alhamdulillah bisa dibilang sukses dan lancar. Semoga dengan makin bertambahnya kekuatan Kokam di Sleman Barat ini pada khususnya. Dapat menjadi benteng Muhammadiyah dalam amar ma’ruf nahi mungkar. Fastabiqul Khoirot. KOKAM JAYA. [FS/ESP]

Author: 
author
Lelaki Dusun, yang suka membaca dan menulis.

Related Post