Muswil PM DIY : Kuatkan Kader & Giatkan Dakwah

Berita

Kulonprogo kali ini dipilih sebagai tempat dilaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) XV Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) DIY. Hal ini berdasarkan urutan dari tempat sebelumnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari sabtu-ahad (27-28/12) di SMK Muhammadiyah 1 Lendah Kulonprogo. Muswil sekarang mengangkat tema Menguatkan Kader, Menggiatkan Dakwah Menuju Yogyakarta Yang Istimewa dan Berkemajuan”.

Tema di atas dipilih karena tantangan pemuda muhammadiyah sebagai gerakan dakwah kian sulit. Oleh sebab itu pemuda muhammadiyah harus mampu melahirkan kader-kader yang berkualitas. Setelah itu mampu mendistribusikan kader diranah yang dibutuhkan. Seperti ranah ekonomi, kebangsaan dan ranah kelompok marginal (buruh, nelayan, petani).

Hal di atas juga harus dimaknai dakwah dalam arti seluas-luasnya sehingga dakwah tiidak hanya dipandang berceramah di atas mimbar. Dalam menyemarakan event empat tahunan ini banyak dilakukan kegiatan pendukung baik itu sebelum dan saat muswil. Acara pertama adalah Dialog Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM ) DIY yang dilakukan pada ahad (14/12) di Aula Gedung PWM DIY. Dengan menghadirkan pembicara Sadar Narimo (Anggota DPRD DIY) dan Arif Jamali Muis (Ketua LHKP PWM DIY).

Kegiatan kedua adalah Bersih Pantai di Pantai Trisik Kulonprogo hari ahad (21/12) yang dilakukan oleh KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) DIY. Ketiga adalah : acara Futsal antar pemuda muhammadiyah, karyawan AUM dan pengurus persyarikatan pada hari kamis (25/12) . Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Bardosono Kota Yogyakarta dan dibuka oleh Prof. Dr. HM. Dien Syamsudin (Ketua Umum PP Muhammadiyah).

Event selanjutnya adalah kopi darat penggiat cyber Angkatan Muda Muhammadiyah Se-Indonesia yang dilaksanakan (25/12) di Aula Gedung PWM DIY. Pada hari pelaksanaan muswil diselenggarakan kegiatan Lomba Panah. Kemudian bakti sosial dan pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar. Selanjutnya donor darah yang ikuti oleh peserta muswil dengan bekerjasama dengan PMI Kulonprogo.

Dengan diselenggarakan muswil kali ini berharap ke depan roda dakwah pemuda muhammadiyah bergerak lebih maksimal dan menjadi problem solver ( menjawab masalah) bagi umat. Dani Kurniawan

Related Post