Pemuda Muhammadiyah Kalibawang Bersatu Untuk Maju

Pemuda Muhammadiyah Kalibawang

Pemuda Muhammadiyah Kalibawang

Kalibawang – Dalam rangka mensukseskan Gerakan Pencerahan menuju Pemuda Muhammadiyah yang berkemajuan, PCPM Kalibawang yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Suwandi, S. Pd, yang didampingi oleh Suwarta, S. Pd Sekertaris, M. Sujud Ismawan , SE Bidang Dakwah & PPI dan Arif Tri Siwiyanto Bidang Kesehatan telah melaksanakan Audiensi ke FKIK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang diterima langsung oleh Wakil Dekan II Bagian Kemahasiswaan dan Kerjasama Bapak dr. Muhammad Kurniawan, M. Sc yang didampingi oleh 3 (tiga) Mahasiswa
UMY yaitu Ghifari prodi Kesehatan Umum, Dhani prodi Bidang Keperawatan dan Hesty prodi bidang kesehatan gigi pada Senin, 20 Maret 2017 pukul 14.30 wib bertempat di gedung F3 lantai 3 Dekanat FKIK sebagai bentuk keseriusan gerakan berMuhammadiyah di Cabang Kalibawang, khususnya pembahasan teknis pemeriksaan Kesehatan gigi & Umum gratis.
Kegiatan-kegiatan ini diprogramkan setelah Pelantikan Pengurus Cabang Pemuda Muhammadiyah pada 20 November 2016 digedung serba guna balai Desa Banjarharjo.
Program yang diajukan untuk bisa bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini adalah sebagai berikut:
1. Program Kokam Peduli Kesehatan
Program ini tercetus karena Pemuda Muhammadiyah merasa terpanggil untuk peduli terhadap masyarakat yang cenderung kurang memperhatikan kesehatan keluarga dan pribadinya. Kerjasama yang ditawarkan terhadap para ahli kesehatan di FKIK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah pemeriksaan kesehatan gigi dan pemeriksaan kesehatan umum secara gratis.
2. Program Kokam Peduli Ekonomi
Program yang tawarkan adalah kerjasama dibidang ekonomi, ada 3 (iga) program yang rencana kami ajukan yaitu :
• Pembukaan Apotek Muhammadiyah di Kalibawang
• Program pembangunan mini market suryaMU, tujuan dari program ini adalah gagasan Pemuda Muhammadiyah untuk peduli terhadap simpatisan dan warga Muhammadiyah di sekitar Kalibawang dalam menyediakan bahan dan barang untuk kebutuhan sehari-hari. Sebagai pelayanan kami, langkah yang kami tawarkan melalui konsep “delivery order” pesan melalui media telekomunikasi (SMS, WA, PMapp, dll)
• Program pembangunan Kesejahteraan kedua adalah pemberdayaan Anggota dalam berwirausaha. Gagasan yang kami tempuh adalah peternakan ayam jawa super, adapun langkah yang kami lakukan adalah mengadakan seminar, pelatihan, dan pendampingan terhadap peserta kelompok wirausaha ini. Model menejemennya akan ditangani langsung oleh pemuda Muhammadiyah berikut Marketingnya sehingga terjadi sirkulasi ekonomi dan bisa meningkatkan kesejahteraan anggota dan kelompok.
3. Program Kokam Peduli ISMUBA
Tercetusnya program ini adalah karena rasa prihatinya kami para pemuda Muhammadiyah dengan minimnya kemampuan dan kesadaran para anak-anak dan remaja yang semakin lama semakin banyak yang kurang mampu dalam membaca Al-Quran, menghafal Surat-surat pendek, kurang cakap dalam berorganisasi. Perencanaan kami, pemuda Muhammadiyah yang memiliki kemampuan dalam bidang keagamaan akan kami terjunkan kelembaga-lembaga sekolah baik TK, SD, SMP, dan SMA/SMK Muhammadiyah untuk mengisi Ekstra-Kurikuler Bidang ISMUBA.
4. Program Kokam Peduli Sosial Kemanusian & Bencana Alam
Bersama jajarannya, Pemuda Muhammadiyah yang selalu siap dan tanggap terhadap bahaya dan ancaman Bencana Alam seperti Tanah Longsor, Gempa Bumi, dan kecelakaan Umum lainnya yang mengancam keselamatan dan ketentraman masyarakat Kalibawang.
Dalam melaksanakan program ini, kami selalu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti:
Pemerintah desa dan kecamatan, pihak Aparat Keamanan (TNI-Kepolisian RI) dan
pihak-pihak lain yang terkait.
Kegiatan yang nyata kami lakukan adalah ikut aktif dalam membantu cipta kondisi pada acara-acara besar yang dilakukan oleh Perseorangan, Pemerintah Desa, Kecamatan ataupun Daerah. Dengan slogan kami “Cepat, Tepat dan Islami” adalah motifasi kami dalam melakukan setiap kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi Umat Manusia.

Author: 
    author

    Related Post