PM DIY : Teguhkan Sebagai Gerakan Berkemajuan

Ketua ( Iwan S) samping kanan & Sekretaris (Irwan T) samping kiri

Ketua ( Iwan S) samping kanan & Sekretaris (Irwan T) samping kiri

Dani Kurniawan
(Sekretaris Bidang Media & Litbang PWPM DIY)

Gerakan dakwah yang kuat, progress dan berkemajuan adalah harapan umat. Dalam rangka mewujudkan harapan tersebut Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) DIY periode 2014-2018, diawal kepengurusan ini menyelenggarakan silaturahmi dan sosialisasi visi dan misi organisasi. Acara ini diselenggarakan hari senin (19/1) bertempat di Aula Atas Gedung PWM DIY.
Kegiatan ini dihadiri sekitar 50 orang pengurus PWPM DIY yang terdiri dari anggota bidang, sekretaris bidang, wakil ketua bidang beserta ketua, sekretaris dan bendahara. Acara ini diawali dengan sosialisasi visi dan misi gerakan pemuda muhammadiyah yang disampaikan oleh Iwan Setiawan Ketua PWPM DIY.
Adapun visi pemuda muhammadiyah dalam kepengurusan ini adalah : Menjadi Pemuda Muhammadiyah DIY yang berakhlaqul karimah, memiliki kesalehan sosial, kemandirian ekonomi, berwawasan luas dan bermilitansi tinggi pada 2018. Sedangkan misinya ialah :

1. Mewujudkan Pemuda Muhammadiyah yang berakhlaqul karimah dengan ciri satu kata antara lisan dengan perbuatan
2. Mencetak kader Pemuda Muhammadiyah DIY yang aktif dilingkungan masyarakatnya
3. Menjadikan kader Pemuda Muhammdiyah DIY yang mandiri secara ekonomi dan memberdayakan masyarakat di sekitarnya
4. Mencetak kader Pemuda Muhammadiyah yang SIAGA (siapa kapan saja) bila dipanggil persyarikatan

Selain penjelasan visi dan misi gerakan dalam acara ini juga disampaikan program rutin baik yang sifatnya umum dan khusus. Adapun program rutin organisasi yang sifatnya umum sebagai berikut ini :

1. Kajian Malam Sabtu
2. Ketersambungan komunikasi dari PWPM-PDPM-PCPM
3. Aktif merespon isu-isu actual di bidang agama, sosial, politik dan hukum.

Sedangkan program rutin khusus dibagi menjadi tiap tahun dan hal tersebut akan dilaksanakan mulai dari tahun 2015-2018. Adapun program rutin organisasi yang sifatnya khusus sebagai adalah :

A. Tahun 2015
1. Melaksanakan Konsolidasi Organisasi
2. Melakukan Konsolidasi Ideologi
3. Berhasil Membuat Data Base Potensi Kader PM
4. Melaksanakan Diklat KOKAM

B. Tahun 2016
1. Mendirikan sekoci-sekoci Pemuda Muhammadiyah (Amal Usaha Pemuda Muhammadiyah, Lembaga Bantuan Hukum, Gerakan Seni, Petani Muda-contoh).
C. Tahun 2017
1. Sukses Pemuda Muhammadiyah.
2. Pemuda Muhammadiyah Pelopor
3. Lomba Administrasi dan Kreativitas

D. Tahun 2018
1. PM DIY menjadi tuan rumah Muktamar Pemuda Muhammadiyah
2. Aktif melakukan konsolidasi organisasi dan ideologi.

Dari sosialisasi ini Iwan Setiawan Ketua PWPM DIY berharap agar pengurus sejak awal sudah faham dan siap. “ Jika sejak awal sudah siap maka roda organisasi segera berjalan sehingga progress organisasi kelihatan. Alhasil identitas gerakan ini sebagai gerakan berkemajuan dapat dirasakan,” tandasnya.
Setelah sosialisasi dilanjutkan silaturahmi antar pengurus. Kenapa itu penting? Karena antar pengurus sebagian belum kenal atau sudah kenal tapi belum dekat. Perkenalan atau ta’aruf dimulai dari ketua dengan mengenalkan dirinnya terus dilanjutkan memperkenalkan sekretaris dan bendahara.
Setelah itu dilanjutkan perkenalkan anggota dan sekretaris bidang yang disampaikan oleh wakil ketua bidang. Dalam kepengurusan kali ini ada beberapa penambahan bidang baru, yang sebelumnya hanya bidangnya ada tujuh yaitu bidang organisasi, bidang ekonomi, bidang dakwah, bidang media dan litbang, bidang kokam, bidang kader, bidang hikmah.
Adapun bidang baru adalah bidang seni budaya dan pariwisata, bidang olahraga, kesehatan dan lingkungan hidup. Terakhir bidang hukum, ham dan advokasi publik. Dengan tambahan tiga bidang ini ke depan pemuda muhammadiyah sebagai gerakan islam bisa lebih maksimal dalam berjuang dan berdakwah untuk umat.

 

Related Post