Sosok KOKAM dari Kolonel Santoso

18358742_529066457481838_7096061739538764274_o

Sahabat-sahabat Kokam dan Pemuda Muhammadiyah tentu akrab dengan wajah orang yang naik sepeda ini, dialah Kang Santoso, salah satu anggota Kokam yg rumahnya di Sleman. Ada yg memberinya jabatan: Kolonel Santoso, saya tidak bisa jawab kalau ada yg tanya kenapa jabatan Kolonel bisa nyangkut di namanya, mungkin hanya Naga Bonar yang tahu he3.

Saya pribadi tidak ingat persis kapan kenal Kang Santoso. Hanya selalu melihat Kang Santoso sering ikut ngepam, istilah kawan2 Kokam, setiap ada acara Muhammadiyah. Iya Kang Santoso selalu hadir dan mengenakan baju Kokam dalam banyak acara Muhammadiyah.

Kang Santoso tidak punya HP, tapi dia selalu tahu setiap akan ada acara Kokam juga Muhammadiyah. Mata batinnya terlatih untuk mencium adanya kegiatan Muhammadiyah.Kang Santoso tidak punya Sepeda Motor, tapi dia akan hadir di acara Muhammadiyah dengan sepedanya, tanpa kenal jarak tempuh.

Belum lama ini saya ketemu Kang Santoso di Musywil NA DIY di Wates, Kulonprogo. Saya hampiri dia dan ngobrol dengannya: Kang Santoso cerita dia menuju wates nge-gowes berangkat dari rumahnya didekat Monjali jam 04.00 wib dan sampai Wates jam 07.00 wib.

Ada kawan yg cerita, suatu saat sepedanya rusak dan Kang Santoso harus ngepam di acara Muhammadiyah. Akhirnya Kang Santoso jalan kaki dari rumahnya menuju lokasi. Padahal jarak dari rumahnya menuju lokasi jauh sekali. Demi tugas kang Santoso rela jalan kaki.

Bagi saya Kang Santoso memang layak diberi gelar Kolonel Santoso.

Foto: kang hartono.

Related Post