Umat Berharap Banyak dari Konggres Umat Islam Indonesia (KUII) Ke-VI

http://www.antaranews.com/foto/79016/kongres-umat-islam-indonesia-ke-vi

http://www.antaranews.com/foto/79016/kongres-umat-islam-indonesia-ke-vi

Oleh : Dani Kurniawan

            Peran umat Islam dalam pembangunan ( sosial, politik, ekonomi, lingkungan, keagamaan) di Indonesia akhir-akhir mengalami kemunduran. Hal ini mengundang keprihatinan banyak pihak salah satunya dari kalangan ulama. Atas dasar itulah kemudian diselenggarakan Konggres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-VI (8-11/2) di Yogyakarta. Adapun tema yang diangkat dalam KUII kali ini adalah : ” Penguatan Peran Politik, Ekonomi dan Sosial Budaya Umat Islam Untuk Indonesia yang Berkeadilan dan Beradaban”.

Acara pembukaan dilaksanakan di Pagelaran Kraton Yogyakarta dihadiri oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin. Dibuka oleh Wakil Presiden H.Jusuf Kalla. Dalam sambutan beliau menyampaikan agama Islam di Indonesia adalah Islam yang moderat.

Sedangkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) H.M. Dien Syamsuddin yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengungkapkan Islam mendukung Negara Republik Indonesia. ” Dan Islam mempunyai kontribusi penting dalam meraih kemerdekaan RI,” tandasnya.

Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam kegiatan ini juga menyatakan Yogyakarta adalah tempat pertama kali diselenggarakan KUII pada tanggal 7-8 November 1945. Dengan diselenggarakan acara ini diharapkan mampu melahirkan keputusan yang maslakhat  untuk umat.

KUII diikuti oleh ulama, cendikiawan muslim, perwakilan dari ormas Islam, pondok pesantren, perguruan tinggi dll.

Related Post